Thursday, June 6, 2013

Di India Ada Dokter Palsu?!

Posted by Unknown  |  at  6:30 AM No comments

http://images.detik.com/content/2013/06/05/1148/160656_indiaflagdlm.jpg

Kepolisian India tengah menyelidiki kasus pemberian gelar PhD palsu dari sebuah universitas setempat. Sebabnya, universitas tersebut memberikan gelar doktor tersebut sebanyak 400 kali dalam jangka waktu satu tahun.

Sebanyak empat orang pejabat senior dari universitas swasta bernama CMJ ini telah ditangkap polisi setempat. Keempat orang tersebut terindikasi kuat terlibat dalam penipuan dan pemalsuan ini.

Universitas CMJ ini berdiri sejak tahun 2009 di wilayah Shillong, Meghalaya. Kini, polisi masih memburu rektor universitas tersebut.

"Kami belum mengetahui keberadaannya (rektor-red), karena dia terus berpindah-pindah tempat," ucap seorang polisi senior setempar, Sunil Kumar Jain kepada AFP, Rabu (5/6/2013).


Polisi menuturkan, universitas ini menerbitkan 434 gelar PhD selama tahun akademis 2012-2013. Padahal universitas ini hanya memiliki sedikit fakultas. Hal ini tentu menimbulkan kecurigaan sejumlah pihak, yang kemudian melapor ke polisi.

Menurut situsnya, program doktor di universitas ini memakan waktu 2-5 tahun dengan biaya sekitar 127 ribu Rupee atau setara Rp 22 juta.

"Dengan niat baik, universitas ini diberi izin untuk beroperasi, tapi beberapa pihak malah memanfaatkan hal ini dan ini benar-benar menyedihkan," ucap Gubernur Meghalaya, Mukul Sangma.

Secara terpisah, media lokal Times of India melaporkan, CMJ mengobral gelar PhD dengan harga US$ 4 ribu-10 ribu. Besarnya biaya yang harus dibayar tergantung pada seberapa cepat sertifikat tersebut diterbitkan.

Menanggapi kasus ini, pengacara rektor CMJ menyebut pemerintah terlalu berprasangka buruk terhadap universitas ini.


Sumber

Tags:

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Aneh

Unik

Sexy

Social

Copyright © 2013 Zapline
back to top