Thursday, June 6, 2013

Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Anak Anda

Posted by Unknown  |  at  5:58 AM No comments

 http://images.detik.com/content/2013/06/05/775/154724_kidsick4ts.jpg

Semua orang tua pasti cemas saat anaknya sakit, bahkan yang terlihat sepele seperti demam. Suhu tubuh anak umumnya memang sering meningkat di atas normal meskipun bukan pertanda penyakit serius. Tapi, ada demam yang butuh perhatian serius.

"Jangan pernah sepelekan apapun kondisi anak, jika ia mengalami sesuatu, seperti demam, itu pertanda tubuhnya sedang tidak dalam kondisi sehat. Apalagi kalau sampai anak kejang," kata dr Emma Nurhema SpA, dokter spesialis anak RSUP Persahabatan kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (5/6/2013).

Demam yang disertai kejang akrab dengan sebutan 'step', yaitu timbulnya kejang akibat demam tinggi. Kasus demam sendiri cukup sering ditemukan pada anak berusia 6 bulan sampai 4 tahun. Kejang yang didahului demam biasanya tidak lebih 15 menit, kemudian setelah kejang anak akan sadar.

Kejang saat demam ataupun kejang tanpa disertai demam memerlukan penanganan serius. Saat mengalami kejang, terjadi gangguan di otak akibat gangguan oksigenasi. Nah, apabila hal ini terjadi secara berulang, akan berisiko mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Menurut standar medis, biasanya dokter akan meresepkan obat diazepam sesuai dosis apabila mendapati pasien anak yang mengalami kejang. Langkah terbaik adalah mengukur suhu tubuh anak secara teratur bila mengalami demam. Jadi orang tua dapat mengantisipasi agar serangan kejang tidak terulang.

"Kejang merupakan kondisi yang mengakibatkan seluruh kegiatan di otak anak berhenti, termasuk pasokan oksigennya. Jika dibiarkan, kondisi ini akan berlanjut hingga hipoksia. Hipoksia yaitu kondisi gejala kekurangan oksigen pada jaringan tubuh, ini yang berbahaya. Sebab, pada kasus yang fatal dapat berakibat koma, bahkan kematian. Segera bawa ke dokter jika anak mengalami kejang," wanti dr Emma.

Tags:

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Aneh

Unik

Sexy

Social

Copyright © 2013 Zapline
back to top